,

,

Kamis, 25 September 2014

Soal Mathla Tidak Usah Diperdebatkan Karena Perbedaan Itu Rahmat


Insyaallah sidang itsbat kemaren di putusin awal Dzulhijjah  1435 H jatuh tgl 26 Sept '14 jadi lebaran Ahad tanggal 5 Oktober 2014
"Pengumuman hasil sidang isbat disampaikan sekitar pukul 19.30 wib. “Pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah 1435 Hijriyah jatuh pada hari Jumat 26 September 2014. Dengan demikian, 10 Dzulhijjah 1435 H bertepatan dengan 5 Oktober 2014,” ujar Nasarudin Umar saat konferensi pers seusai pelaksanaan sidang isbat" (Pikiran Rakyat Online)

Saudara kami Khairurraji El-Zein pun memberi info demikian
"Diikhbarkan bahwa awal Dzulhijjah 1435 H. jatuh pada hari Jum’at 26 – 9 – 2014 M., atas dasar ISTIKMAL karena penyelenggaraan rukyat Rabu 24 September 2014 M./ 29 Dzulqa’dah 1435 H., TIDAK DAPAT MELIHAT HILAL. Maka Idhul Adha jatuh pada Ahad 5 Oktober 2014 H. Seluruh jajaran LFPBNU mengucapkan selamat Idul Adha 1435 H semoga rahmat dan barokahNya selalu menyertai kita dalam berkhidmad untuk umat dan bangsa. Terimakasih atas partisipasinya dan kontribusi nahdliyyin. Jazakumullah ahsanal jaza’. (A. Ghazalie Masroeri – Ketua Lajnah Falakiyyah PBNU beserta jajaran)"

Al Mukarrom guru kami KH. A. Izzuddin
"Mahkamah Ulya menetapkan 1 Dulhijjah di Arab Saudi jatuh pada hari Kamis 25 Sept, wukuf pd hari Jumat 3 Okt Haji Akbar....berdasarkan rukyatul hilal di Sakra dan Zubaer Manathiqil Mamlakah...(Dr. Sholeh Ashab)"

Adapun Muhamadiyyah seperti sudah diulas di maklumatnya (lihat disini Maklumat) akan puasa Sabtu tgl 4 Oktober '14 dengan alasan hilal sudah wujud di atas ufuk, artinya berapapun tingginya hilal sekalipun 0º 0' 1" hilal di anggap sudah ada atau wujud, mau kelihatan atau enggak yang penting wujud.

Konsep Mathla

mereka juga berdalil dengan hadits dari Kuraib, yang diutus oleh Ummu Fadhl binti al Harits untuk menemui Muawiyah. Dia berkata, “Aku tiba di Syam dan aku laksanakan peritah Al Fadhl, bertepatan dengan munculnya hilal bulan Ramadhan. Ketika aku berada di Syam, aku melihat hilal pada malam Jum’at. Kemudian aku pulang ke Madinah di akhir bulan Ramadhan. Abdullah bin Abbas bertanya kepadaku, ia menyebut tentang hilal. Dia bertanya, “Kapan kalian melihat hilal?” Aku menjawab, “Kami melihatnya pada malam Jumat.” Beliau bertanya lagi, “Apakah engkau menyaksikannya?” Jawabku, “Ya, orang-orang juga melihatnya. Mereka berpuasa dan Muawiyah turut berpuasa.” Abdullah bin Abbas berkata, “Akan tetapi kami melihatnya pada malam Sabtu. Kami akan terus berpuasa hingga kami menyempurnakannya tiga puluh hari, atau jika kami melihat hilal Syawal.” Aku berkata, “Tidak cukupkah kita mengikuti rukyat hilal Muawiyah dan puasanya?” Abdullah bin Abbas menjawab, “Tidak! Begitulah Rasulullah ? memerintahkan kami.” (HR. Muslim, at-Tirmidzi dan Ahmad).

naskahnya liat dimari ya gan dari Imam Muslim rahimahullah (versi Imam ahmad & turmuzi cari sendiri yah hehehehe) :



 حدثنا يحيى بن يحيى ويحيى بن أيوب وقتيبة وابن حجر قال يحيى بن يحيى أخبرنا وقال الآخرون حدثنا إسمعيل وهو ابن جعفر عن محمد وهو ابن أبي حرملة عن كريب أن أم الفضل بنت الحارث بعثته إلى معاوية بالشام قال فقدمت الشام فقضيت حاجتها واستهل علي رمضان وأنا بالشامفرأيت الهلال ليلة الجمعة ثم قدمت المدينة في آخر الشهر فسألني عبد الله بن عباس رضي الله عنهما ثم ذكر الهلال فقال متى رأيتم الهلال فقلت رأيناه ليلة الجمعة فقال أنت رأيته فقلت نعم ورآه الناس وصاموا وصام معاوية فقال لكنا رأيناه ليلة السبت فلا نزال نصوم حتى نكمل ثلاثين أو نراه فقلت أو لا تكتفي برؤية معاوية وصيامه فقال لا هكذا أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم وشك يحيى بن يحيى في نكتفي أو تكتفي


di arab udah pada wuquf hari jum'at
tapi kita kok blom malah puasa arafahnya besok sabtunya
trus lebaran hari minggunya
tegasnya walaupun berbeda pendapat kita harus satu jua ,,..
walaupun berbeda pandangan kita tetap saudara seiman sebangsa dan senegara ,,..
hargai perbedaan yg ada
karena yg namanya pohon mangga gak mungkin rasa & bentuknya sama semua 
pasti ada yg asem, manis, agak asem, agak kecut
ada yg gede, kecil, agak gede, agak kecil dst
begitu pula syareat gak mungkin sama semua
pasti ada perbedaan 
karena perbedaan itu adalah rahmat
/sambil merenung & udud di pojokan nginget2 apalan Matan Zubad/
وغـيـرُهُــم مــــن ســائِــرِ الأئــمَّـــهْ # عَـلَــى هُـــدَىً والاخْـتِــلافُ رَحْــمَــهْ 



Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4