,

,

Jumat, 06 Februari 2015

Syekh Rohmatullah bin Kholilurrohman Al-Kaironawi Al-Hindi Al-Utsmani Kristolog Yang Berdebat Dengan Pfander


Buku ini tulisan seorang kristolog bermazhab hanafi kelahiran india Rohmatullah bin Kholilurrohman Al-Kaironawi Al-Hindi Al-Utsmani, kakeknya masih keturunan Sayyidina Utsman bin Affan.

Pendiri madrasah Ash-Shoulatiyah di Mekkah ini lahir tahun 1233 - 1308 H = 1818 - 1891 M. Di usia 12 tahun menghapal Al-Quran dan mempelajari bahasa persia, arab dan urdu. Saat beranjak remaja pergi ke New Delhi dan belajar kepada Ust. Ahmad Hayat lalu ke Luknow belajar kepada Mufti Luknow Sa'dullah Al-Murodabadiy.

Dia juga mulai mengkaji secara intens bahasa persia kepada Syekh Bakhsy Ash-Shuhba'iy di tahun 1857 M dan ilmu kedokteran serta matematika di masa itu. Kedatangan pelancong inggris dan para misionaris yang menyebarkan agama kristen membuat dia miris, akhirnya dia putuskan mempelajari bahasa inggris dan kristen untuk memahami aqidah para misionaris dan kerancuan kitab mereka. Tak tanggung-tanggung demi memperdalam pengetahuan islam dan kristologi dia pergi ke mekkah berguru kepada Syekh Ahmad Zaini Dahlan, mufti mazhab syafi'i di mekkah saat itu.


Perdebatannya dengan misionaris kawakan asal Wurrtemberg Jerman, Carl Gottlieb Pfander di Agra tanggal 10 - 11 April 1854 di catat sejarah sebagai adu argumen paling top di india. Tidak mau kalah Pfander juga menulis buku tandingan Mizanul Haqq untuk meng-counter karya Syekh Rohmatullah. Murid-muridnya banyak menjadi orang penting. Syarif Husein, penguasa mekah saat itu adalah salah satu murid beliau.

Syekh Rohmatullah meninggalkan karya penting dalam bidang kristologi berupa kitab Izharul Haqq. Buku berbahasa arab setebal 1416 halaman yang mengupas kerancuan dalam bibel ini bisa kita unduh dan baca secara online di sini. Makasih ya gan dah mau baca tulisan ini.

sumber :
  1. http://urdustan.net/kairana/kai-so-images.htm
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Karl_Gottlieb_Pfander
  3. https://books.google.co.id/books?id=Lmb_wg0fSZQC&pg=PA116&lpg=PA116&dq=pfander+christ&source=bl&ots=2Q-ioZLCii&sig=AVsWh2pERs78tX1Q9JYtYj_g2ms&hl=id&sa=X&ei=JmbUVKf_HaPKmAXH14HIBA&ved=0CCoQ6AEwAg#v=onepage&q=pfander%20christ&f=false
  4. http://www.academia.edu/4172323/The_Legacy_of_Karl_Pfander
  5. http://answering-islam.org/Books/Pfander/Balance/
  6. http://www.islam-love.com/home/2009-08-14-00-46-53/759-rahmatullah-pfander.html
  7. http://shamela.ws/index.php/author/511


Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4