,

,

Selasa, 09 September 2014

Cara Menentukan Arah Utara & Selatan Dengan Bantuan Rasi Bintang

Cara Menentukan Arah Selatan

Rasi bintang gubuk penceng atau rasi bintang crux merupakan salah satu dari rasi bintang terang dibelahan langit selatan. Saat musim kemarau datang rasi bintang ini akan mudah kita temukan dilangit dengan formasi bintang seperti gambar dibawah ini. Rasi bintang Crux setidaknya memiliki 4 bintang terang dan masing-masing bintang memiliki nama bintang seperti Alpha Cru (acrux), Beta Cru (Mimosa), Delta Cru, Gamma Cru (Gacrux) dan Epsilon Cru yang paling redup.



Setelah kita tau formasi dari rasi bintang crux beserta nama-nama bintangnya, maka untuk menemukan arah selatan mata angin tariklah garis lurus dari bintang Gacrux melewati bintang Acrux hingga ke arah cakrawala/horizon. Setelah anda dapatkan maka itulah arah selatan.

Cara Menentukan Arah Utara

Jika kini anda telah dapat menemukan arah selatan mata angin, lantas bagaimana dengan arah utara? Dibelahan langit utara juga terdapat salah satu rasi bintang terang yang dapat kita gunakan untuk mencari arah utara mata angin. Ia adalah rasi bintang ursa mayor atau oleh masyarakat Indonesia disebut sebagai rasi bintang biduk. Rasi bintang biduk memiliki konfigurasi bintang mirip sepeti sendok terbalik. Secara keseluruhan ada 7 bintang terang didalamnya mereka adalah Dubhe, Merak, Phad, Megrez, Alioth, Mizar dan Alkaid.



Unik bukan nama-nama bintangnya? Nah dari ketujuh bintang ini, dua diantara mereka jika kita tarik garis lurus menuju horizon maka arah utara mata angin akan kita dapatkan. Kedua bintang tersebut bintang Merak dan Dubhe. Tariklah garis lurus dari bintang Merak melewati bintang Dubhe hingga ke arah cakrawala/horizon maka garis yang terbentuk menuju cakrawala adalah arah utara.

Sumber:



Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4