,

,

Rabu, 01 Agustus 2012

DASAR DASAR DATABASE

1.1    Dasar-dasar Database

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan database. Sebelum melangkah lebih jauh, Amda perlu memahami terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai database dan teknologi database.
Entah Anda peduli ataupun tidak tentang database, sebenarnya Anda selalu menggunakan database setiap saat. Setiap kali Anda mencari nama buku alamat email Anda, Anda sedang menggunakan database. Jika Anda menggunakan pencarian pada situs pencarian Internet, Anda sedang menggunakan database. Begitu jua pada saat Anda menggunakan kartu ATM pada mesin ATM, Anda sedang menggunakan database untuk konfirmasi nomor PIN dan pengecekan saldo.
Sekalipun kita banyak menggunakan database, tetap saja kita masih tidak mengerti apa sebenarnya database itu sendiri. Ini karena beberapa orang menggunakan database yang sama untuk makna yang berbeda.
Oleh karena itu, tempat terbaik untuk memulai mata kuliah ini adalah daftar dan penjelasan tentang istilah-istilah penting database.

1.2    Database

Istilah database digunakan dengan berbagai cara yang berbeda, tetapi untuk tujuan disini (tentu saja dari perspektif SQL), database adalah kumpulan data yang disimpan dengan beberapa cara pengorganisasian. Cara termudah untuk memahaminya adalah dengan membayangkan database sebagai filing kabinet. Karena lemari berkas adalah lokasi fisik yang sederhana untuk penyimpanan data, tanpa memperhatikan apa jenis datanya atau bagaimana data diatur.

Database adalah kontainer (biasanya sebuah file atau sekumpulan file) untuk menyimpan data yang telah diatur.

1.3    Tabel

Pada saat menyimpan informasi dalam filing kabinet, Anda tidak seekadar menaruh begitu saja. Akan tetapi, Anda membuat file dalam filing kabinet, dan setelah itu menempatkannya ke dalam file khusus.
Dalam dunia database, file disebut tabel. tabel adalah file terstruktur yang dapat menyimpan data dengan tipe khusus. Tabel dapat berisi daftar mahasiswa, mata kuliah, atau daftar informasi lainnya.

Tabel adalah daftar data terstruktur dengan tipe khusus

Kuncinya adalah data yang disimpan dalam tabel adalah satu tipe data atau satu daftar. Anda tidak akan menyimpan daftar mahasiswa dan daftar mata kuliah pada tabel database yang sama. Akan tetapi, Anda mambuat dua tabel, satu tabel untuk satu daftar. Setiap tabel didalam database mempunyai nama yang menunjukkan isi tabel. Nama itu selalu unik – tidak ada tabel lain di dalam database itu yang mempunyai nama yang sama.

1.4    Kolom dan Tipe Data

Table tersusun dari beberapa kolom. Kolom berisi bagian informasi dalam tabel.

Kolom adalah field tunggal dalam tabel. Semua tabel terdiri dari satu atau lebih kolom.

Cara terbaik untuk memahami hal ini adalah dengan membayangkan tabel database sebagai grid – hampir sama dengan spreadsheet. Setiap kolom dalam grid berisi bagian tertentu dari informasi. Dalam tabel mahasiswa, misalnya, satu kolom berisi Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan kolom lainnya berisi nama, alamat, kota, propinsi, kode pos semuanya disimpan dalam kolomnya masing-masing.
Memisahkan data sangatlah penting untuk memisahkan data ke dalam banyak kolom yang sesuai. Sebagai contoh, kota, propinsi dan kode pos sebaiknya ada pada kolom-kolom terpisah. Dengan pemisahan tersebut, kita dapat mengurutkan atau menyaring data dengan kolom tertentu (misalnya untuk menemukan semua mahasiswa di kota atau propinsi tertentu). Jika kota dan propinsi digabung dalam satu kolom, akan sulit untuk mengurutkan atau menyaring berdasarkan propinsi.
Setiap kolom dalam database mempunyai tipe data terkait. Tipe data menentukan tipe data yang dapat dimasukkan ke dalam kolom. Sebagai contoh, apabila kolom tersebut nomor (mungkin NIM atau nama), maka tipe datanya adalah tipe data numerik.  Jika kolom berisi tanggal, teks, catatan, jumlah uang dan seterusnya, maka tipe datanya harus disesuaikan.
Setiap kolom tabel mempunyai tipe data terkait yang membatasi data khusus di dalam kolom tersebut

1.5    Baris

Bayangkanlah tabel sebagai grid model spreadsheet. Kolom-kolom vertikal dalam grid adalah kolom tabel (field) dan baris-baris horizontal adalah baris tabel (record).

1.6    Kunci

Setiap baris di dalam tabel dapat memiliki beberapa kolom (atau sekumpulan kolom yang mengidentifikasikan secara unik baris tersebut. Tabel yang berisikan mahasiswa dapat menggunakan kolom NIM, sedangkan tabel yang berisikan daftar mata kuliah dapat menggunakan Kode Mata Kuliah.

Primary Key adalah kolom (atau sekumpulan kolom) yang nilai-nilainya secara untuk mengidentifikasikan setiap baris didalam sebuah tabel.

Kolom tersebut (atau sekumpulan kolom) yang mengidentifikasi secara unik setiap baris di dalam sebuah tabel disebut primary key atau kunci primer. Primary key digunakan untku merujuk ke satu  baris tunggal. Tanpa primary key, proses pembaruan (update) dan penghapusan baris-baris khusus pada tabel akan menjadi sulit.
Tentukan selalu primary key, sekalipun primary key pada dasarnya tidak diharuskan, kebanyakan para desiner database memastikan bahwa setiap tabel yang mereka buat selalu memiliki primary key, untuk mempermudah pengaturan dan perbaikan data dimasa yang akan datang.
Semua kolom dalam tabel yang dapat dibuat sebagai primary key, selama memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
·          Dua baris tidak dapat memiliki nilai primary key yang sama.
·          Setiap baris harus memiliki nilai primary key (kolom tidak membolehkan nilai kosong (NULL)).
·          Kolom yang berisikan nilai primary key tidak pernah dapat dimodifikasi dan diperbarui.
Primary key biasanya ditempatkan pada kolom tunggal di dalam tabel. Tetapi tidak diharuskan, dan banyak kolom dapat digunakan bersama-sama sebagai primary key. Jika digunakan banyak kolom, maka aturan diatas harus diterapkan pada semua kolom, dan nilai-nilai untuk semua kolom tersebut harus unik.

1.7    Apa itu SQL ?

SQL (dapat diucapkan berdasarkan ejaannya S-Q-L) adalah kependekan dari Structured Query Language. SQL adalah bahasa yang dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan database.
Tidak seperti bahasa-bahasa lainnya (bahasa percakapan seperti bahasa Inggris atau bahasa pemrograman seperti Borland Delphi atau Visual FoxPro), SQL diciptakan dengan sangat sedikit kata, dan hal itu disengaja. SQL dirancang untuk melakukan saatu hal dan melakukan hal itu dengan baik – memberikan kepada anda cara yang sederhana dan efisien untuk membaca dan menulis data dari suatu database.

1.8    Apa manfaat SQL ?

·          SQL bukanlah bahasa kepemilikan yang digunakan oleh vendor database perorangan. Hampir semua database besar mendukung SQL, sehingga dengan mempelajari SQL, Anda dapat berinteraksi dengan hampir semua database besar yang beredar.
·          SQL mudah dipelajari, karena semua statement dibuat berdasarkan kata-kata bahaa dalam bahasa Inggris yang umum.
Meskipun kedengarannya sederhana, SQL benar-benar suatu bahasa yang kuat, dan dengan kepandaian menggunakan unsur-unsur bahasa tersebut, Anda dapat melakukan pengoperasian database yang kompleks dan sulit.

Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4