,

,

Rabu, 27 Agustus 2014

'Ngopi' & Tarekat Tijaniyah Syekh Ahmadou Bamba Senegal


"Kedamaian yang aku dapat dari Allah tidak dapat ditakar dengan kenikmatan apapun di jagat ini, Dia-lah sumber kedamaianku"
Syekh Ahmadou Bamba 
(1854-1927)
- Penyebar Tarekat Tijaniyah di Senegal - 

Syekh Saliou Mbacke, penerus Ahmad Bamba
sedang menuangkan kopi Touba 
Grafiti beliau di pojok kota St Louis, Senegal
Lahir di Wolf, Senegal dengan nama Ahmad bin Muhamad bin Habibullah di era penjajahan Prancis tahun 1854 M, gerakan penjajahan barat beliau lawan dengan perdamaian dan ilmu pengetahuan. Beliau mendapat julukan 'Khadimurrosul' (pelayan Rosulullah shollallahu alaihi wasalam) karena khidmah beliau yang tinggi menjunjung ajaran Rosulullah shollallahu alaihi wasalam dan menebarkan solawat di Senegal.

Bar Solat lan ngaji Ngopi sek cak
Syekh Ahmad Bamba juga mempopulerkan tradisi 'ngopi' racikan beliau dengan para murid tarekatnya di kota Touba, tradisi ngopi terus berkembang hingga sekarang. Orang senegal sering menyebutnya Cofe Touba, orang-orang berkumpul sambil mendengar pengajian selepas itu mereka ngopi bareng. Kalau di Indonesia mirip nasi Buchori atau nasi berkat yang sering kita makan selepas maulid Nabi shollallahu alaihi wasalam sambil kongkow bareng kawan-kawan menyambung asah, asih dan asuh.  

Abis ngaji ngopi dulu bro
Antoine J.M.A Lasselves mata-mata prancis saat itu mengatakan :
"Sheikh Ahmad Bamba memiliki kekuatan menarik masa yang luar biasa, kata-katanya bisa membuat orang berkumpul, membingungkan bagaimana ia bisa mengumpulkan pengikut sebanyak ini. Saya jadi teringat bagaimana dulu Nabinya mengajarkan kebaikan & kebajikan dimulai dari nol hingga Islam begitu besar. Dia benar2 mengikuti jejak Nabinya. Karena itulah saya yakin dengan kata-katanya yang penuh hikmah, kebaikan hatinya, keramahan, kesabaran serta kelembutan jiwanya membuat dia dikagumi banyak orang. Saya yakin hanya seorang bijak yang memiliki sifat-sifat seperti dia, dia benar-benar mengikuti perjuangan Nabinya"
------------------------------------------------------------------------
Disarikan dari berbagai sumber terpercaya sambil 'udud'




Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4