,

,

Rabu, 21 Januari 2015

Manaqib Al Imam Asy-Syadzili Karya Mbah Dalhar Watucongol


Berisi 46 halaman ,sebuah manaqib ringkas Quthbil Aqthob Syekh Abul Hasan Ali Asy-Syadzili qoddasallahu sirrohu karya Mbah Dalhar bin Abdurohman Watucongol Magelang ditulis ulang oleh KH. Zimam Hanif dengan sanad dari Mbah Muhaiminan Gunardo Parakan Temanggung dan diterbitkan oleh Jam'iyyah Solawat Ala Sayidis Sadat Rotib dan Manakib "Asy Syarifiyyah" Krapyak Lor III A No.1 Kota Pekalongan.

Mbah Dalhar

Quthbil Aqthob Syekh Abul Hasan Ali Asy-Syadzili qoddasallahu sirrohu dilahirkan di Syadzilah, Ghumaroh, Afrika Utara - saat ini masuk ke dalam teritorial negara Maroko- tahun 593 H / 1196 M. Di usia 6 tahun pergi ke Tunis, hatinya terenyuh melihat wabah kelaparan di sana, dia memohon agar bisa menolong orang-orang yang kelaparan, atas ijin Allah dia mendapatkan uang secara 'tajrid' dari Allah dan ia gunakan untuk membeli roti untuk penduduk yang kelaparan.

Makam Imam Asy-Syadzili di Mesir

Saat itu bertepatan hari jum'at, kumandang azan menuntun Imam Asy-Syadzili muda ke masjid, sejenak setelah salat tahiyat datang seseorang berjubah dan berwibawa yang mengenalkan diri "Wahai Ali saya adalah Nabi Khidir, saya datang untuk mengukuhkan kewalianmu karena kemuliaan akhlakmu" selepas solat jumat dicarilah lelaki itu tetapi dia menghilang entah kemana.

Qabilah Akhmas, leluhur beliau, diperkirakan disinilah
Imam Ali Asy-Syadzili muda dilahirkan
petanya klik disini yah

mendengar hal tersebut semangat  Imam Asy-Syadzili muda sangat menggebu dia pun bertekad mempelajari ilmu agama kepada Syekh Abu Said Al-Baji. Penasaran bagaimana kisah selanjutnya, baca sendiri biografinya yah hehehehe.

komentar ulama tentang beliau : berkata Ibnu Daqiq Al-Eid "Aku tidak pernah melihat orang yang sangat mengenal Allah kecuali Syekh Abul Hasan Ali Asy-Syadzili, dia sangat alim dalam bidang ilmu hakikat"

Beliau wafat di usia 63 tahun bulan dzulqo'dah tahun 656 H / 1258 M di tengah padang tandus saat perjalanan dalam perjalanan ibadah haji ke tanah suci di Humaitsaro, Mesir dan dimakamkan di sana.

sumber:
  1. Manaqib Al Imam Asy-Syadzili Karya Mbah Dalhar Watucongol
  2. http://tribus-maroc.blogspot.com/2011/10/blog-post_1857.html
  3. http://alnssabon.com/showthread.php?t=20602
  4. http://www.aljounaid.ma/article.aspx?c=5721

Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4