,

,

Selasa, 28 Juli 2015

Mahabbah (Cinta)


Mahabbah dalam bahasa indonesia berarti cinta, diserap dari kata habba, ada sebagian mutasowifin (pakar tasawuf) yang mengatakan huruf 'ha' dan 'ba' merupakan huruf istifal, karakternya lemah tetapi huruf ha keluar dari tempat pusat/tengah kerongkongan pertanda bahwa dia adalah pusat segala sesuatu sedang huruf ba keluar dari dua bibir sebelah dalam, saat pengucapan huruf ini kedua bibir harus menahan udara di rongga mulut dan mempertemukan dua bibir atas dan bawah pertanda bahwa cinta sangat berat kala dia keluar siapapun takkan mampu membendungnya, ya itulah cinta.

Dalam dunia cinta, Maulana Jalaluddin Rumi adalah maestroall about love. Al Arif Billah Maulana Habib Lutfi pernah berujar "dengan mahabbah (cinta) akan melahirkan khouf (takut), roja (berharap), shiddiq (benar), ikhlas dan haya' (malu)".
nya, jalannya adalah cinta, hidupnya adalah cinta,

Ada dikata sebagian mutasowifin cinta adalah permulaan ma'rifah (pengenalan), dengan cinta seseorang mengenal, merasa, tunduk dan patuh pada yang dia cintai. Cinta ada di dalam jiwa, bersih dari cela, yang ada hanya dia dan dia 'al mahbub'.


Postingan Terkait

Widget dari [ Mukelujauh.blogspot.com ]

Ayo Perbanyak Solawat

download win hisab versi 2.96 via ziddu

SARKUB TECH MELEK IPTEK

UNIVERSITAS MENYAN INDONESIA

Santri

PISS - KTB

Total tayangan laman

4